• header
  • header

Selamat Menempuh Kegiatan Penilaian Sumatif Akhir Tahun ( PSAT ) Tahun Pel. 2023/24

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMPN 2 TAMBUN SELATAN

NPSN : 20229763

Jl. Kebon Kelapa No. 128 Tambun Bekasi 17510


smpn2tamsel01@gmail.com

TLP : 021-88326407


          

Banner

Statistik


Total Hits : 1478856
Pengunjung : 358783
Hari ini : 482
Hits hari ini : 1606
Member Online : 0
IP : 34.239.151.124
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Tiga Dimensi Penyakit Masyarakat Modern




Ada orang terlihat sakit secara fisik namun masih normal beraktifitas dalam  kesehariannya. Ada orang tidak bersemangat  dalam kesehariannya walaupun fisiknya sehat. Ada orang  perbuatannya selalu melanggar norma dan aturan yang ada. Dan ada orang yang selalu peduli kepada sesama serta bersedeqah.  Fisik, pikiran dan roh terdapat pada manusia yang  tercipta sebagai makhluk  sempurna di bumi ini. Kesempurnaan itu banyak yang tidak dimaksimalkan bahkan salah satu, dua atau tiga dimensi tersebut tidak berfungsi. Penyakit – penyakit apa saja yang timbul jika tiga dimensi manusia tidak berfungsi normal ?. Apa yang harus kita lakukan untuk memfungsikan tiga dimensi tersebut ?

 

  • Fisik Manusia

Penampilan fisik manusia adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan penampilan luar manusia yang mudah diamati dan dinilai oleh manusia lain (Wikipedia). Fungsi fisik akan makin sempurna jika kita rajin berolahraga, berkatifitas fisik dalam keseharian. Selain itu makanan dan minuman tetap yang sehat, benar dan baik (toyyib). Ketika fisik sakit berobat menggunakan obat-obatan berdasarkan anjuran dokter atau terafi fisik oleh para terafis pengalaman.

 

  • Pikiran Manusia

Pikiran adalah gagasan dan proses mental. Berpikir memungkinkan seseorang untuk merepresentasikan dunia sebagai model dan memberikan perlakuan terhadapnya secara efektif sesuai dengan tujuan, rencana, dan keinginan (Wikipedia). Fungsi pikiran akan makin sempurna jika kita rajin membaca buku, mengamati gejala alam dan lingkungan (Iqra). Perubahan ilmu kita yang semakin nambah menunjukkan akal dan pikiran kita berfungsi normal. Ketika pikiran kita terganggu akan mempengaruhi fisik kita, contoh orang stress dan depressi itu akan membuat fisiknya semakin lama semakin lemah bahkan penyakitnya pun semakin parah. Penyembuhan penyakit ini harus berkonsultasi dengan psikolog untuk ditemukan masalah – masalah yang diderita.

 

  • Rohani Manusia

Rohani kaitannya dengan jiwa dan hati manusia yang selalu berubah – ubah sifatnya. Perubahan sifat rohani manusia karena jiwa spritualnya tidak dijaga atau tidak ditingkatkan. Ketika hati nuraninya tertutup maka tidak ada kebaikan-kebaikan pada dirinya. Sifat sombong, iri, dengki, bohong/dusta, pelit, rakus adalah salah beberapa sifat negatif, sebaliknya ikhlas, empati, beribadah, berdo’a, bersedeqah, menolong sesama adalah beberapa sifat positif yang membuat dimensi fisik dan pikiran seseorang menjadi sehat, sopan, santun, senyum dan bahagia.  

 

Penyakit – penyakit masyarakat  modern timbul karena fisiknya tidak terjaga ditambah pikirannya selalu stress, was-was, takut, depresi dan diperparah lagi dengan hatinya yang selalu negatif alias tidak bersih sifatnya. Sebaliknya jika rohani terjaga dengan hati yang ikhlas beribadah, ikhlas bersedeqah, ikhlas berbuat baik, ikhlas berdo’a, ikhlas menerima cobaan akan membuat orang tersebut sehat baik fisik dan pikirannya.

( dibuat oleh : Ali Nurdin )

Sumber :




Share This Post To :

Kembali ke Atas

Artikel Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :


 

Komentar :


   Kembali ke Atas